Mengenal Apa Itu Web Development Beserta Fungsinya

Dewasa ini, web development menjadi salah satu bidang pekerjaan yang bisa dibilang cukup menjanjikan. Bagaimana tidak, perusahaan di berbagai bidang industri membutuhkan situs web yang fungsional dan rapi di mata konsumen. Maka dari itu, banyak bermunculan penyedia kursus coding online untuk memperdalam bidang yang satu ini. Simak ulasannya di sini!

Pengertian Web Development

Web development atau yang lebih dikenal dengan pengembang web merupakan sebuah proses pembuatan serta pemeliharaan website. Biasanya pekerjaan yang satu ini dilakukan untuk membuat situs web agar dapat bekerja dengan baik, responsif, serta tampak rapi. Dengan begitu akan menambah pengalaman pengguna yang mulus dan tidak membingungkan.

Proses pengembangan web ini meliputi pembuatan skrip, pengaturan keamanan jaringan, pengembangan konten, serta desain web. Jadi, bisa dikatakan jika web development ini mencangkup semua tindakan dan pembaruan untuk memastikan kinerja situs sesuai kebutuhan pengguna dengan kecepatan yang mumpuni.

Jenis Jenis Web Development

Untuk menjadi seorang web developer yang handal, ada beberapa hal yang harus anda ketahui. Salah satunya yaitu macam macam web development yang merujuk pada berbagai sektor profesi di mana para developer  bekerja. Maka dari itu, biasanya seorang web developer akan menguasai berbagai jenis web development yang berbeda. Berikut informasinya.

  1. Front-End Development

Jenis yang pertama yang perlu anda pelajari agar menguasai pengembangan web adalah front-end development. Tugas dari para developer ini akan berkecimpung pada UI (User interface) atau yang lebih dikenal dengan tampilan web untuk membantu pengguna dalam mencapai tujuan dalam pengembangan situs.

Tak heran jika front-end developer juga sering ikut andil dalam hal perencanaan user experience atau UX dalam proyek proyek yang dikerjakan. Maka dari itu, memiliki latar belakang di UX bisa menjadi salah satu keunggulan atau nilai lebih bagi seseorang di bagian front-end developer. Pasalnya, mereka dapat membentuk pengalaman terbaik bagi pengguna.

  1. Back-End Development

Jika front-end dapat dilihat secara langsung oleh pengguna situs, maka back end tidak terlihat oleh mereka. Sesuai dengan namanya, back-end developer ini berguna untuk mengelola situs program, web, serta software dengan tujuan agar situs bekerja dengan optimal dan responsif jika digunakan. Tugasnya berkecimpung dalam sistem operasi, basis data, server, dan API.

  1. Full-Stack Development

Jenis web development berikutnya yang harus anda tahu yaitu full-stack development. Jenis pengembang web ini akan bekerja dengan front-end dan back-end situs. Kombinasi ini akan memberikan perpaduan dalam pembuatan situs web, aplikasi, atau program software dari awal hingga akhir proses pembangunan.

  1. Mobile development

Selanjutnya ada jenis web development yang baru baru ini muncul seiring dengan berkembangnya teknologi yang ada. Jenis pengemabng web ini hadir untuk memberikan manfaat pada kebutuhan pelanggan yang suka membuka situs atau aplikasi melalui smartphone. Tujuannya untuk membangun aplikasi yang ramah dan bisa diakses dengan mudah pada ponsel, pc, maupun tablet.

Perlu diketahui, aplikasi pada mobile memiliki proses operasional yang berbeda dari situs web dan program software lainnya. Maka dari itu, jika ingin mendalami karier sebagai mobile developer, anda akan membutuhkan seperangkat keterampilan pengembangan dan pengetahuan mengenai beberapa bahasa pemrograman.

Keterampilan yang ahli tersebut bisa didapatkan dengan mengikuti lembaga atau tempat kursus coding. Mengingat teknologi yang sudah berkembnag cukup pesat, anda bisa mengikuti kursus secara online dengan mudah. Salah satu lembaga yang bisa anda percayakan yaitu Nextgen. Ada banyak materi dan metode pembelajaran efektif untuk menjadikan anda web developer handal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *